Pengertian Dan Contoh Teks Ulasan

Bumipaing.eu.org-Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis biasa dilakukan pada media kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil.

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis biasa dilakukan pada media kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil.


Seperti kita ketahui bahwa menulis adalah salah satu keterampilan yang harus kita kumpulkan untuk meningkatkan kemampuan analisis kita di antara keterampilan lain. Sehingga untuk meningkatkan kemampuan ini kita bisa belajar menulis teks ulasan.

Teks ulasan atau yang biasa disebut teks review biasanya digunakan banyak penulis untuk mengungkapkan pendapat pribadi mengenai suatu karya. Karya yang diulaspun bermacam-macam. Mulai dari karya buku baik fiksi maupun non fiksi, film, cerita pendek dan masih banyak lagi. Untuk memahami lebih lanjut mengenai teks ini simak artikel lanjutan di bawah ini.

Pengertian Teks Ulasan


Teks ulasan adalah evaluasi kritis terhadap teks, peristiwa, objek, atau fenomena. Teks ulasan dapat mengulas buku, artikel, seluruh genre atau bidang sastra, arsitektur, seni, mode, restoran, kebijakan, pameran, pertunjukan, dan banyak bentuk lainnya.

Teks ulasan adalah genre yang fleksibel yang dapat bervariasi sesuai dengan sifat karya kreatif yang sedang dikerjakan, audiens yang dituju, dan aspek-aspek karya yang dianggap layak untuk dikomentari.

Teks ini sering ditemukan pada portal online yang khusus mengulas suatu karya. Unsur terpenting dari teks ini adalah mengulas bukan sekadar ringkasan. Ini memungkinkan pengulas untuk berdialog dan berdiskusi dengan pembuat karya dan dengan audiens lainnya. Pengulas dapat mengutarakan kesepakatan atau ketidaksetujuan dan mengidentifikasi mengenai karya tersebut.

Teks ulasan dibuat bukan hanya sekedar meringkas tetapi di dalamnya terdapat kritikan, masukan, dan juga pendapat. Saat menyatakan mengomentari sebuah karya pengulas harus paham tentang karya tersebut.

Ciri-Ciri Teks Ulasan


Teks ini memiliki beberapa ciri yang bisa digunakan untuk membedakan dengan beberapa teks lainnya. Berikut ciri-cirinya:


  1. Pertama, teks ulasan memberikan ringkasan konten yang singkat kepada pembaca. Ini termasuk deskripsi topik yang relevan serta perspektif, argumen, atau tujuannya secara keseluruhan.
  2. Kedua, teks ulasan menawarkan penilaian kritis terhadap konten. Ini melibatkan reaksi pengulas terhadap karya yang sedang ditinjau atau diulas. Pengulas perlu memperhatikan beberapa hal, apakah itu efektif atau persuasif dan bagaimana hal itu meningkatkan pemahaman pembaca tentang karya yang sedang diulas.
  3. Ketiga, selain menganalisis karya teks ulasan ditulis untuk memberikan informasi kepada pembaca apakah karya itu bagus atau tidak.

Tujuan Teks Ulasan


Teks ini dibuat untuk mencapai beberapa tujuan. Beberapa di antaranya adalah:


  • Tujuan dari ulasan teks adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi beberapa karya kreatif dan untuk memberi tahu orang-orang tentang kekuatan dan kelemahannya.
  • Teks Ulasan digunakan untuk mengkritik acara atau karya seni untuk pembaca atau pendengar, seperti film, pertunjukan, buku, dan lainnya.
  • Untuk mengkritik atau mengevaluasi karya seni atau acara untuk audiens publik.
  • Memberikan informasi secara lengkap kepada pembaca mengenai suatu buku, film, cerpen, dan beberapa karya lainnya.
  • Sebagai wadah untuk diskusi dan juga untuk mempengaruhi pembaca untuk meninjau ulang kembali karya tersebut.
  • Membantu khalayak untuk menentukan karya tersebut memiliki penilaian yang bagus atau tidak.
  • Biasanya digunakan untuk mempromosikan sebuah karya kepada khalayak umum.

Jenis Jenis Teks Ulasan


Teks review atau teks ulasan memiliki beberapa jenis. Jika dilihat dari isi teksnya, jenis-jenis teks ini adalah:

Evaluatif

Jenis ini biasanya mengulas sebuah karya yang berfokus pada penilaian. Penilaian yang diberikan bisa baik atau kurang baik. Ulasan mengenai isi karya hanya dijadikan pelengkap teks review saja.

Informatif

Teks review jenis ini biasanya mengulas secara ringkas dan tidak terlalu panjang. Isinya memberikan informasi-informasi penting mengenai suatu karya. Biasanya teks jenis ini mengulas tentang buku.

Informatif dan evaluatif

Jenis teks ini adalah gabungan dari kedua jenis di atas. Isi teks review jenis ini lebih lengkap daripada kedua jenis teks review di atas karena mumuat informasi isi karya beserta penilaian karya tersebut. Pembaca review kebanyakan mencari teks review jenis ini karena bisa memberikan banyak informasi.

Struktur Teks Ulasan


Struktur dasar teks ulasan terdiri dari tiga bagian atau komponen, yaitu:

Judul

Saat menulis teks ulasan perlu mencantumkan informasi judul karya.

Isi

Pengulas perlu mengidentifikasi nama karya kreatif yang menjadi subjek ulasan, apa jenis karyanya (seperti film, film, novel, investigasi penelitian, buku, kaset, dan lain-lain). Selain itu juga perlu mengidentifikasi penulis, penerbit atau produsen, dan tanggal produksi. Tetapi perlu diketahui tidak semua detail ini diperlukan, ulas sesuai kebutuhan pembaca saja. Selain itu di dalam isi juga ada peninjauan yang menjelaskan aspek-aspek tertentu dari karya tersebut dan memberikan pendapat tentang kekurangan, kelebihan, kualitas, keefektifan, dan sebagainya.

Kesimpulan / rekomendasi

Peninjau meringkas penilaian tentang karya tersebut dan membuat rekomendasi untuk orang lain apakah karya tersebut patut dinikmati atau tidak.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Untuk membuat teks ulasan yang baik diperlukan pemahaman mengenai kaidah kebahasaan teks ulasan. Berikut daftarnya:


  • Menggunakan present tense.
  • Fokus pada karya tertentu.
  • Menggunakan kata sifat.
  • Menggunakan klausa yang panjang dan kompleks.
  • Menggunakan metafora atau sebuah pengandaian.

Cara Membuat Teks Ulasan

Jika seseorang meminta untuk menulis ulasan buku, mungkin berpikir bahwa semua yang perlu dilakukan adalah memberikan pendapat tentang sebuah karya. Namun, ini bukan satu-satunya informasi yang diperlukan untuk menulis ulasan yang baik. Ulasan buku yang sukses meliputi ringkasan pendek buku, informasi latar belakang tentang penulis dan topik, dan evaluasi konten.


  • Saat menulis ulasan karya, anggaplah bahwa para pembaca belum mengerti dan paham topik serta gagasan utama karya tersebur dan perlu menjelaskan berbagai poin penting.
  • Saat menulis latar belakang buku, teliti topiknya meskipun buku itu adalah karya fiksi. Misalnya, jika mengulas atau meninjau novel tentang sejarah perlu meneliti dan bandingkan informasi historis dengan pendekatan penulis terhadap topik tersebut. Jika ini adalah buku nonfiksi tentang sejarang bandingkan argumen penulis dan penggunaan bukti dengan karya-karya lain yang diterbitkan dengan topik yang sama. Pengulas juga perlu memasukkan beberapa informasi tentang penulis yang dapat membantu pembaca memahami konten terutama jika itu adalah karya non fiksi.
  • Akhiri ulasan dengan mengevaluasi hasil akhir tulisan. Ini bukan hanya opini pribadi tetapi ini adalah penilaian pengulas tentang kelebihan dan kelemahan sebuah karya dan seberapa baik karya tersebut untuk dinikmati. Namun, tentu saja ulasan dapat memasukkan pendapat pribadi. Jadi pastikan pengulas tahu apakah karya ini sudah sesuai penilainnya atau belum. Jika ya, jelaskan alasan pengulas serta reaksi pengulas terhadap karya tersebut dan hindari penjelasan yang menimbulkan makna ganda. Pernyataan seperti, ‘Saya tidak suka itu’ tidak informatif. Agar lebih informatif maka lebih baik ditulis ‘Saya kurang suka buku ini karena itu adalah stereotip, cerita terlalu bias tentang orang-orang ini, dan buku ini kurang bukti yang mendukung’ penjelasan seperti ini lebih meyakinkan.

Contoh Teks Ulasan dan Strukturnya

Setelah memahami bagian dasar dari ulasan buku, sekarang saatnya memami ulasan buku melalui beberapa contoh di bawah ini.

Contoh Teks Ulasan Novel

Salah satu yang sering diulas adalah novel. Banyaknya penggemar novel yang ingin tahu beberapa informasi mengenai novel tersebut menjadi alasan utama banyak dibuat teks ulasan novel.

Contoh Teks Ulasan Novel Perahu Kertas

Judul

Review Perahu Kertas

Isi

Perahu Kertas dimulai pada musim panas 1999, Keenan kembali ke Indonesia untuk memulai pendidikan diuniversitas setelah menghabiskan masa remajanya dengan neneknya di Amsterdam. Dia pergi belajar di Bandung dan bergabung dengan sepupunya, Eko dan pacar Eko, Noni, dan Kugy. Dia juga langsung dikenalkan dengan sahabat Noni, Kugy. Ada percikan langsung antara Keenan dan Kugy, roh yang sama dengan sisi artistik yang kuat dia sebagai pelukis. Perahu kertas pada dasarnya kisah yang rumit.

Baik Keenan dan Kugy menghadapi hambatan untuk mewujudkan impian artistik mereka. Ayah Keenan yang seorang pengusaha menentangnya mengabdikan dirinya untuk melukis karena ternyata alasan bahwa bocah itu harus serius pada studinya. Kugy yang ceria dan unik tahu persis apa yang dia inginkan tetapi segala sesuatu yang terjadi dan semua orang di sekitarnya menganggap itu konyol.

Keenan mengembangkan bakatnya. Tidak mengherankan bahwa dia dan pekerjaannya adalah pelengkap yang sempurna untuknya. Lukisan-lukisan yang ia lukis sangat bagus dan ia menyadari bahwa ia harus mengikuti mimpinya. Keadaan bahkan menyebabkan seniman yang tidak dikenal dipamerkan di galeri seni terkemuka. Putri pemilik galeri menunjukkan minat pada seni dan seniman. Akan tetapi, kesuksesan tidak mudah didapat dan keadaan akhirnya membuat Keenan melarikan diri dari hampir semua yang dia tahu dan miliki.

Kugy dan Keenan dengan cepat menjadi teman dekat, tetapi hubungan romantis sepertinya tidak pernah mungkin. Yang satu selalu melihat yang lain sudah terikat di tempat lain. Masalah yang rumit melanda dan mereka hampir tidak pernah membicarakan masalah baik di antara mereka sendiri maupun dengan saudara dan teman mereka. Ini adalah buku yang penuh dengan hal yang tak terucapkan dan bukan hanya antara Keenan dan Kugy. Ceritanya mengarah ke kesalahpahaman yang menghapus karakter dari satu sama lain yang hidup selama bertahun-tahun sekaligus  sebuah twist yang tidak terlalu lelah seperti frustasi.

Baik Kugy maupun Keenan terlempar dari jalur artistik mereka: Kugy membenamkan dirinya dalam studinya dan berhasil lulus lebih awal lalu mendapatkan pekerjaan yang segera ia kuasai tetapi itu membuatnya tidak menulis cerita lagi. Karena kehilangan inspirasinya, upaya Keenan dalam melukis menjadi kacau dan ketika ayahnya jatuh sakit Keenan tidak hanya kembali ke flip tetapi juga ke bisnis keluarga, menahan benteng sampai ayahnya pulih kembali. Sepanjang jalan Kugy dan Keenan juga menemukan minat jalan mereka.

Semua orang sangat suka kisah perahu kertas. Para kekasih yang mengakui bahwa cinta sejati mengalahkan semua dan bahwa mereka yang tidak setuju dengan hubungan itu tidak dapat menghalanginya. Tetapi meskipun begitu tetap timbul pertanyaan pertanyaan akankah Keenan dan Kugy akhirnya menemukan jalan mereka satu sama lain? Tentu saja ada hambatan termasuk kecenderungan karakter yang menjengkelkan (secara fisik) di luar jangkauan untuk periode waktu yang lama. Yang mengagumkan, Dee Lestari mengelola kemiripan ketegangan dan sentuhan yang bagus adalah ketika Kugy dan Keenan akhirnya membicarakan berbagai hal dan mengungkapkan perasaan mereka. Kumpul-kumpul yang nyata tampaknya tidak disukai.

Dee Lestari cukup cerdik menyulap cerita. Banyak karakter yang hampir terlalu bagus untuk menjadi kenyataan dan hanya karakter insidental yang benar-benar tidak menyenangkan atau jahat. Karakter Keenan menjadi yang menjadi idaman di kelasnya ketika dia mulai kuliah dan karakter Kugy dengan cepat menikmati kesuksesan besar ketika dia mendapatkan pekerjaan nyata adalah yang paling menarik. Dee Lestari mengelola untuk memfokuskan novelnya pada personal dan artistik sehingga rincian banyak karakternya tidak akan terlewatkan. Yang mengejutkan kita tidak pernah dapat merasakan karya karakter Keenan ketika dia membela ayahnya, atau tesis Kugy, dan lain-lain.

Kesimpulan

Kisah-kisah pribadi terwujud dalam romans memang cenderung emosional bagi orang-orang yang hatinya sensititd. Tetapi sejauh ini hal itu juga cukup baik dilakukan karena membuat semua orang bisa memahami dan mendalami peran masing-masing karakter. Dan beberapa pertemuan karakter yang saling berhadapan tidak menyadari hubungan mereka dengan karakter lain. Hal itu terlihat agak terlalu dipaksakan tapi kemudian beberapa karakter dibuat dengan kesan kuat dan tentunya cukup adil untuk menjadi elemen cerita yang sangat dan terasa di novel.

Ini adalah salah satu cerita romansa yang sopan juga menarik . Perahu kertas akhirnya adalah salah satu karya yang cukup berhasil. Dee Lestari menempatkan bakatnya yang jelas untuk digunakan mengarang karya yang bagus.

Contoh Teks Ulasan Cerpen Malin Kundang

Judul

Review Cerpen Malin Kundang

Isi

Cerpen Malin Kundang adalah salah satu cerpen anak-anak yang sangat terkenal sejak zaman dahulu. Cerpen ini berdasarkan mitos masyarakat Indonesia yang percaya bahwa dahulu kala ada seorang anak yang mengabaikan ibunya sendiri dan berakhir mendapatkan hukum alam berubah menjadi batu selamanya. Kebenaran cerita ini masih menjadi misteri.

Cerpen ini bercerita bahwa ada seorang ibu yang memiliki anak laki-laki bernama malin. Mereka adalah ibu dan anak yang serba kekurangan kehidupannya. Dan ketika malin sudah dewasa dia merantau ke tempat yang sangat jauh. Beberapa tahun berlalu dan malin menjadi orang yang sukses serta disegani. Dia berlayar kembali ke kampung halamannya dengan istrinya. Ketika sampai ternyata dia bertemu seorang ibu yang tua renta yang ternyata adalah ibunya. Malin tidak mau menolak dia sebagai ibunya. Ibunya merasa sangat sedih dan berdoa semoga anaknya menerima balasan yaitu dikutuk menjadi batu. Tak lama kemudian ada bencana datang dan Malin Kundang telah menjadi batu untuk selamanya.

Kesimpulan

Ceritanya sangat menarik disimak karena mengandung konflik yang menyayat hati. Ini adalah salah satu cerita yang paling digemari oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Alur ceritanya runtut sehingga mudah dipahami oleh anak-anak. Ini adalah salah satu cerpen yang bisa dijadikan rekomendasi sebagai cerita pengantar tidur.

Contoh Teks Ulasan Film Dilan 1990

Judul

Review Film Dilan 1990

Isi

Dilan 1990 adalah film roman dari Indonesia, diproduksi oleh Falcon Pictures dan Maxima Pictures. Sutradara adalah Fajar Bustomi, yang menjadi direktur Get Married 5 (2015) juga. Film ini didasarkan pada novel Dilanku 1990 oleh Pidi Baiq. Itu adalah salah satu film Indonesia terlaris pada tahun 2018. Karakter utama film ini adalah Iqbal Ramadhan atau populer dengan Iqbal Coboy Junior sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla atau orang-orang mengenalnya sebagai saudara perempuan dari Sissy Priscillia (seorang Aktris Indonesia juga), dia bermain sebagai Milea. Sasaran film ini adalah yang termuda dan dewasa. Orang-orang sangat tertarik dengan film ini, itulah sebabnya film ini telah ditonton hampir 7.000.000 hanya dalam tiga bulan.

Film ini berbicara tentang kisah cinta di sekolah menengah atas. Bocah bernama Dilan bertemu dengan siswa baru yang pindah dari Jakarta ke Bandung. Siswa itu bernama Milea, seorang gadis cantik dari kelas 2 Biologi 3. Pertemuan mereka sebenarnya unik dan berbeda dari kisah cinta biasa pada umumnya. Film ini menunjukkan karakterisasi Dilan sama seperti dalam versi novel. Dilan dan Milea bertemu di jalan sebelum mereka pergi ke sekolah. Singkatnya, mereka hanya saling jatuh cinta, bahkan Milea punya pacar di Jakarta. Ada beberapa bagian yang membuat film ini cocok untuk menjadi film yang bagus, bahkan dalam prolog, klimaks dan ending.

Sebenarnya, disini memiliki banyak karakter dalam film ini, seperti Brandon Salim sebagai Beni, Zulfa Maharani sebagai Rani, Yuriko Angeline sebagai Watu, Steffi Zamora sebagai Susiana, Omar sebagai Pian, Refal Hady sebagai Kang Adi, Giulio Parengkuan sebagai Anhar, Gusti Rayhan sebagai Akew, Debo Adryos Aryanto sebagai Nandan, dan lain-lain. Seperti kita ketahui bahwa film ini membawa suasana baru dari film Indonesia, karena kita dapat menemukan banyak karakter yang diperankan oleh aktor dan aktris baru di sana. Akting mereka di film ini benar-benar bagus dan mendapat respons terbaik dari penonton. Meskipun mereka termasuk aktor dan aktris terbaru, mereka dapat menerapkan karakterisasi ke dalam kinerja yang baik.

Performa mereka bagus dan sangat bagus karena banyak aspek. Pertama, casting mereka benar-benar sempurna. Kedua, mereka dapat meningkatkan karakterisasi karakter dari versi novel menjadi versi film. Ketiga, kostum mereka benar-benar serasi dan sesuai dengan karakter mereka di film ini. Itu karena film ini berbicara tentang kisah cinta di sekolah menengah atas, jadi kostumnya hanya seragam sekolah itu. Sementara itu, ada sesuatu yang unik dalam film ini. Dilan menggunakan jaket denim dalam suasana informal, itu menunjukkan karakter Dilan sama seperti dalam versi novel. Kemudian, bagian yang membuat film ini sempurna adalah tentang kisah Dilan 1990. Itu ditunjukkan oleh akting dari karakter utama dengan baik. Pada awalnya, Iqbal mewakili Dilan seprofesional seperti yang diceritakan Pidi Baiq dalam novelnya. Itu terlihat dari bahasa tubuhnya, cara dia melihat Milea. Juga, dalam adegan pertarungan; bahkan Iqbal atau Vanesha, akting mereka benar-benar sempurna.

Setelah itu, kami bergerak di musik latar. Soundtrack film ini adalah Dulu Kita Masih SMA oleh Pidi Baiq. Secara harfiah, saya pernah membahas lagu ini sekitar dua bulan yang lalu. Lagu ini secara harfiah menunjukkan bahwa Pidi Baiq benar-benar kehilangan atmosfer Dilan dan Milea dalam novelnya. Lagu-lagu lainnya adalah Rindu Sendiri, Kemudian Ini, Kaulah Ahlinya Bagiku, Itu Akan Selalu, dan lain-lain. Khusus untuk film ini, Iqbal Ramadhan merekam suaranya ke Rindu Sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa Iqbal adalah salah satu anggota Coboy Junior. Suasana dari film ini bagus tergantung pada soundtrack ini.

Sementara itu, ada sesuatu yang secara harfiah membuat film ini kurang sempurna. Ada perbedaan antara versi film dan novel. Dalam versi novel, kisah Dilan menjelaskan lebih detail daripada versi Film. Ada beberapa bagian yang tersedia dalam novel, tetapi dalam film tidak tersedia. Seperti, dalam versi novel, di bab 17 (Kang Adi), ada sedikit percakapan antara Kang Adi dan Milea, tetapi kami tidak dapat menemukannya di versi film. Juga, ada pengaturan yang berbeda antara film dan versi novel. Seperti, dalam adegan ketika Dilan datang ke rumah Milea saat makan malam. Dalam versi novel, Milea terus makan di kamarnya, tetapi dalam versi film Milea masih makan di ruang makannya. Sementara itu, itu tidak membuat film itu buruk, itu bisa menjadi koreksi untuk film ini.

Kesimpulan

Jadi, itulah sebabnya film ini direkomendasikan untuk orang termuda yang suka film romansa klasik. Dari satu hingga lima bintang, saya akan memberikan 3 bintang untuk film ini. Film ini juga memperkenalkan bahasa Sunda, itu menunjukkan bahwa film ini sangat peduli dengan budaya Indonesia. Sekali lagi, begitu bangga dengan film Indonesia, selalu mendukungnya. Itu semua dari saya.


Penutup

Itulah pembahasan tentang Pengertian dan Contoh Teks Ulasan. Semoga artikel ini bisa bermanffat bagi kamu ya.